Minggu, 13 Februari 2011

Mata Juling (strabismus)

Pada juling, sumbu penglihatan kedua mata tidak sejajar. Keadaan ini lumrah terjadi pada anak usia 3-6 bulan, dimana koordinasi otot-otot mata belum sempurna. Kadang-kadang penyimpangan ini bertahan hingga mudah dikenal dan segera diketahui oleh dokter mata yang dikunjungi. Pada usia anak 18 bulan, penyimpangan bola mata sebelah lumrah terjadi dalam beberapa detik. Setelah usia anak makin tua di atas 18 bulan, namun keadaan penyimpangan bola mata sudah tidak normal maka perlu segera diperbaiki.

Klasifikasi strabismus
- Esotropia (konvergent strabismus), mata menyimpang ke tengah.
- Exotropia (divergent strabismus), dimana mata menyimpang ke samping.
- Hypertropia mata menyimpang waktu melihat ke atas.
- Hipotropia, mata menyimpang waktu melihat ke bawah.
- Esoporia (kedua bola mata cenderung menyatu ke tengah).
- Exoporia (kedua bola mata cenderung menyimpang ke luar).

Hal-hal yang perlu diketahui oleh seorang guru atau orang tua terhadap anak yang juling:
1. Rangsang dan dorong anak untuk menguraikan dengan jelas apa yang dia butuhkan, tetapi setelah anak menjelaskan kebutuhannya, jangan disepelekan.
2. Perhatikan dan biarkan anak mendekatkan obyek yang dilihat dan bagaimana anak memiringkan kepala atau bagian tubuh lain untuk memperjelas penglihatannya.
3. Perhatikan anak kalau melihat sesuatu, berusaha menggunakan benda atau cara untuk memperjelas penglihatan, bahan kontras, dan lain lain. Bantu anak dalam usaha ini.
4. Papan peragaan bisa menolong anak untuk usaha di atas dan tempatkan pada jarak dan ketinggian yang enak buat penglihatan anak.
5. Biarkan anak untuk memilih tempat duduk yang enak bagi dia. Seringnya anak mendekati papan peragaan dan pada sisi tertentu.
6. Alat bantu untuk memudahkan anak memperjelas penglihatan kadang-kadang diperlukan.
7. Guru membacakan tugas agak keras dan jelas, begitu juga waktu menggambarkan suatu diagram.
8. Biarkan anak menggunakan alat-alat untuk mengurangi kesilauan, seperti botol tinta, topi, dan payung.
9. Berikan tambahan waktu bagi anak untuk melengkapi tugasnya dan untuk memperhatikan obyek yang dilihat.
10. Sinar sebaiknya datang dari belakang anak dan terfokus pada obyek yang akan dilihat.
11. Tempatkan warna yang kontras dengan warna obyek yang akan dilihat. Dan jelas perbedaan warna antara gambar, garis, dan latar belakangnya.
12. Dalam permainan game bola, anak mengalami kesukaran mengikuti gerakan bola yang cepat.

Kaca mata pada anak
Dari pengamatan para ahli, ternyata anak yang menderita Sindrom Down, 60% menderita gangguan penglihatan, dan perlu kaca mata untuk mengatasinya. Sindrom Down adalah suatu kelaihan kromosom.

Tanda-tanda fisik anak Sindrom Down:
• Tengkorak kepala kecil.
• Bagian depan dan belakang kepala agak datar.
• Jembatan hidung mendatar.
• Ruas jari tangan dan kaki pendek.
• Jarak jari I dan II lebar.

Setelah melalui pemeriksaan ahli, diberikan koreksi yang sesuai dengan kondisi anak, apakah perlu kaca mata, lensa kontak, atau pengobatan dengan cara latihan dan bimbingan melihat, tergantung kondisi gangguan penglihatan anak. Beberapa tip untuk pengamanan mata:
1. Yakinkan bahwa bahan bacaan untuk pekerjaan rumah dan komputer berada dalam ruangan dengan sinar yang memadai dan tidak menyilaukan.
2. Harus ada waktu istirahat selama 15 menit bila menggunakan komputer untuk waktu yang lama.
3. Bila anak menonton televisi, anak harus duduk di kejauhan (sekitar 2,5-3 m) dari pesawat televisi.
4. Kalau menggunakan komputer, anak duduk dengan jarak sekitar 48 cm dari monitor.
5. Anak selalu diingatkan hasrus memakai helm dan pelindung mata bila ikut latihan atletik dan kegiatan rekreasi lain. Karena trauma pada mata bisa menimbulkan gangguan penglihatan seumur hidup.
6. Begitu juga bila anak menggunakan sepeda motor, ingatkan selalu agar tidak lupa memakai helm pelindung trauma pada kepala.

Makan sayur wortel memang baik untuk mata. Satu buah wortel mengandung vitamin A sebanyak 2 kali lipat vitamin A yang dibutuhkan dalam sehari. Seringnya orang tua hanya mendesak anak agar makan sayuran. Bila anak tidak suka wortel, silakan memilih sayuran lain yang disukainya dan yang dirasakannya enak. Akhir-akhir ini banyak yang mengiklankan antioksidan. Zat yang diyakini dapat mencegah timbulnya penyakit pada mata. Memang sudah banyak ahli mengemukakan bahwa antioksidan bisa mengurangi risiko timbulnya katarak dan degenerasi manula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar